Senin, 12 November 2012

DEFINISI KEINDAHAN



MARIO TEGUH
`"Keindahan adalah kekuatan, ketulusan hati adalah pemurninya, senyum adalah jalannya, nasehat adalah kekayaannya, persahabatan adalah dunianya, dan cinta adalah alamnya.
Tuhan menghubungkan diri-Nya dengan setiap jiwa, melalui sentuhan yang menggetarkan hati.
Maka jika jiwamu bergetar karena sebuah keindahan, baik itu dari kalimat atau keadaan, sujudkanlah hatimu, karena sesungguhnya engkau sedang berada dalam kehadiran Tuhan yang sedang menyentuh dan menuntun hatimu menuju pengertian yang membebaskanmu dari keraguan dan ketakutanmu.
http://id.wikipedia.org/wiki/Keindahan
Keindahan atau keelokan merupakan sifat dan ciri dari orang, hewan, tempat, objek, atau gagasan yang memberikan pengalaman persepsi kesenangan, bermakna, atau kepuasan. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, keindahan diartikan sebagai keadaan yang enak dipandang, cantik, bagus benar atau elok. Keindahan dipelajari sebagai bagian dari estetika, sosiologi, psikologi sosial, dan budaya. Sebuah "kecantikan yang ideal" adalah sebuah entitas yang dikagumi, atau memiliki fitur yang dikaitkan dengan keindahan dalam suatu budaya tertentu, untuk kesempurnaannya.
http://harry-tugas.blogspot.com/2012/04/pengertian-keindahan-yang-seluas.html
Keindahan berasal dari kata indah, artinya bagus, permai, cantik, elok, molek dan sebagainya. Benda yang mempunyai sifat indah ialah segala hasil seni, (meskipun tidak semua hasil seni inda, pemandangan alam (pantai, pegunungan, danau, bunga-bunga di lereng gunung), manusia (wajah, mata, bibir, hidung, rambut, kaki, tubuh), rumah (halaman, taman, perabot rumah tangga dan sebagainya), suara, warna dan sebagainya. Keindahan adalah identik dengan kebenaran.

KESIMPULAN             :
Keindahan adalah keelokan yang merupakan sifat dan ciri dari orang, hewan, tempat, objek, yang memiliki kekuatan dan atau sesuatu yang memberikan kesenangan hati dan menarik perhatian untuk memujinya. Dalam KBBI diartikan sebagai keadaan yang enak dipandang, cantik, bagus, permai, elok, molek, dan sebagainya. Sesuatu yang mempunyai sifat indah adalah segala jenis seni, pemandangan alam, dan segala yang ada didiri manusia, suara, warna, dan sebagainya.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar