Minggu, 30 Desember 2012

TUJUAN HIDUP ADALAH CITA-CITA


 Cita-cita adalah suatu impian dan harapan seseorang akan masa depannya, bagi sebagian orang cita-cita itu adalah tujuan hidup dan bagi sebagian yang lain cita-cita itu hanyalah mimpi belaka. Bagi orang yang menganggapnya sebagai tujuan hidupnya maka cita-cita adalah sebuah impian yang dapat membakar semangat untuk terus melangkah maju dengan langkah yang jelas dan mantap dalam kehidupan ini sehingga ia menjadi sebuah akselerator pengembangan diri namun bagi yang menganggap cita-cita sebagai mimpi maka ia adalah sebuah impian belaka tanpa api yang dapat membakar motivasi untuk melangkah maju. Manusia tanpa cita-cita ibarat air yang mengalir dari pegunungan menuju dataran rendah, mengikuti kemana saja alur sungai membawanya. Manusia tanpa cita-cita bagaikan seseorang yang sedang tersesat yang berjalan tanpa tujuan yang jelas sehingga ia bahkan dapat lebih jauh tersesat lagi. Ya, cita-cita adalah sebuah rancangan bangunan kehidupan seseorang, bangunan yang tersusun dari batu bata keterampilan, semen ilmu dan pasir potensi diri.
Cita-cita juga dapat di artikan sebagai pilihan hidup, sejak lahir setiap manusia pasti memiliki arah dan tujuan dalam hidupnya meskipun itu semua butuh proses untuk merealisasikannya. Awal tercerminnya bagaimana pilihan hidup kita adalah pemberian nama yang diberikan orang tuaketika kita dilahirkan. Nama merupakan sesuatu yang harus dimiliki setiap manusia, nama memberi peranan penting yang juga dianggap sebagai tolak ukur dari masa depan setiap manusia.
Kehidupan setiap manusia pasti melalui jalan panjang dan berliku yang berbeda-beda ada kalanya diatas ada kalanya pula di bawah itu semua tergantung bagaimana setiap pribadi mengolah dan menata diri untuk menentukan pilihan hidupnya. Pilihan hidup itulah yang nantinya akan menjadi cita-cita dalam hidup kita, perjalanan panjang mengenyam pendidikan,bersosialisasi dengan lingkungan, memiliki planning untuk kemajuan hidup itulah yang akan menentukan akan menjadi apa , siapa, dan bagaimana perjalanan hidup kita.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar