Rabu, 18 April 2012

Wisata ke Daerah Terpencil ???


Siapa takut !!!
Suatu tantangan yang cukup besar lhoo kalo kita pengen wisata ke tempat terpencil yang sama sekali asing dan baru buat kita. Jangankan untuk wisata ke luar negeri, keliling Indonesia menuju tempat-tempat terpencil dan belum terdeteksi aja rasanya susah untuk di wujudkan. Indonesia terdiri atas berbagai pulau-pulau kecil yang menyimpan banyak eksotisme keindahan dan ke arifan tersendiri, jadi ga heran banyak wisatawan asing ataupun domestik yang menginginkan untuk datang ke tempat tersebut dan merasakan indahnya alam di daerah terpencil tersebut. Untung mewujudkan hal tersebut, banyak kiat-kiat yang harus kita pahami dan kita kuasai guna kelancaranwisata kita
Berikut adalah hal-hal yang perlu kita lakukan ketika kita pergi wisata ke tempat-tempat terpencil
1.      Mendekati masyarakat setempat

Makin terpencil letak tempat wisata tujuan
kita, makin penting kita membina hubungan baik dengan penduduk setempat. Tunjukkan keramah-tamahan dan sesuaikan tingkah laku. Jika sudah merasa diterima dengan baik, kita bisa mulai mengutarakan pokok permasalahan. Jelaskan bahwa kita ingin menjelajahi daerah-daerah sekitar dan tanyakan bagaimana cara agar kita dapat mencapai tujuan. Bila sudah menemukan orang yang bisa mengakomodasi tujuan kita, langsung negosiasikan harga dan cara pembayaran.

2.       Mencari peluang

Di daerah dengan kondisi prasarana terbatas dan moda transportasi yang tidak menentu,
kita harus bermental baja, sedikit nekat, dan berani malu karena harus menjajaki berbagai macam kemungkinan. Misalnya, tujuan kita adalah kepulauan terpencil yang tidak disinggahi kapal atau feri regular. Kita harus mau bersusah payah mencari tumpangan atau mengumpulkan orang yang akan pergi ke jurusan yang sama, kemudian bersama-sama menyewa kapal.


3.      Coba-coba

Ada kalanya menemukan transportasi di daerah terpencil benar-benar berdasarkan pada faktor keberuntungan. Oleh karena itu,
kita harus rajin mencoba-coba berbagai cara dengan menaiki moda apa pun, meski tidak langsung sampai titik tujuan akhir. Yang penting kendaraan itu arahnya sama dengan tujuan kita.




4.      Sumber-sumber lain

Mungkin selama ini
kita berpikir bahwa kelurahan hanyalah tempat membuat KTP dan pos polisi tempat melaporkan kemalingan. Sebenarnya, instansi seperti itu dapat berfungsi lebih terutama di daerah terpencil karena setidaknya mereka memiliki fasilitas standar untuk kepentingan mobilitas mereka. Saat terdesak, kita bisa mendatangi salah satu kantor, memaparkan masalah dan berdoa semoga diberi jalan keluar.

5.      Waktu dan uang

Mengingat tingginya tingkat kesulitan menemukan alat transportasi, faktor-faktor lain yang perlu disiapkan adalah waktu dan uang. Waktu luang yang panjang sudah pasti wajib hukumnya jika
kita ingin menjelajahi daerah terpencil. Bisa jadi jarak yang seharusnya dapat ditempuh dalam lima jam, molor jadi sepuluh jam karena kita harus berputar-putar.

Biaya di daerah terpencil tentunya melonjak berkali lipat karena selain prasarana yang tidak memadai, penduduk yang masuk dan keluar daerah tersebut juga jarang. Biaya ini tidak hanya mencakup biaya transportasi, tapi juga akomodasi dan harga makanan.


Nahh .. !!
Mungkin dengan cara-cara diatas tadi bisa membantu kita untuk berpergian ke daerah terpencil dengan menyenangkan..
Gak ada salahnya untuk dicoba !!
We cannot know, before we can do it tohhh !!


Sumber:
http://forum.kompas.com/travel/72732-tips-wisata-ke-daerah-terpencil.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar